Senin, 06 April 2015

Gingivitis dan Penyakit periodontal (penyakit gusi) Part 2

(Lanjutan)
Dalam artikel ini
Apa Perbedaan Antara Gingivitis dan Periodontitis?
Apa Penyebab Penyakit Gum?
Apa Apakah Gejala Penyakit Gum?
Bagaimana Apakah Dokter Gigi saya Diagnosa Penyakit Gum?
Bagaimana Penyakit Gum Diobati?
Bagaimana Penyakit Gum Dicegah?
Apakah Penyakit Gum Terkait dengan Masalah Kesehatan?
Apa Apakah Gejala Penyakit Gum?
Penyakit gusi dapat berkembang tanpa rasa sakit, memproduksi beberapa tanda-tanda yang jelas, bahkan dalam tahap akhir penyakit. Meskipun gejala penyakit periodontal sering halus, kondisi ini tidak sepenuhnya tanpa tanda-tanda peringatan. Gejala tertentu dapat menunjukkan beberapa bentuk penyakit. Gejala-gejala penyakit gusi termasuk:

Gusi berdarah yang selama dan setelah menyikat gigi
Merah, bengkak, atau gusi
Bau mulut persisten atau rasa tidak enak di mulut
Surut gusi
Pembentukan kantong dalam di antara gigi dan gusi
Gigi longgar atau pergeseran
Perubahan dalam cara gigi cocok bersama setelah menggigit, atau dalam fit dari gigi palsu parsial.
Bahkan jika Anda tidak melihat gejala apapun, Anda mungkin masih memiliki beberapa tingkat penyakit gusi. Pada beberapa orang, penyakit gusi dapat mempengaruhi hanya gigi tertentu, seperti geraham. Hanya dokter gigi atau periodontist dapat mengenali dan menentukan perkembangan penyakit gusi.

Bagaimana Apakah Dokter Gigi saya Diagnosa Penyakit Gum?
Selama pemeriksaan gigi, dokter gigi Anda biasanya memeriksa hal-hal ini:

Gusi berdarah, bengkak, ketegasan, dan kedalaman saku (ruang antara gusi dan gigi, yang lebih besar dan lebih dalam saku, yang lebih parah penyakit)
Gerakan gigi dan sensitivitas dan gigi yang tepat keselarasan
Tulang rahang Anda, untuk membantu mendeteksi kerusakan tulang di sekitarnya gigi Anda
Bagaimana Penyakit Gum Diobati?
Tujuan pengobatan penyakit gusi adalah untuk mempromosikan reattachment gusi sehat untuk gigi; mengurangi pembengkakan, kedalaman saku, dan risiko infeksi; dan untuk menghentikan perkembangan penyakit. Pilihan pengobatan tergantung pada stadium penyakit, bagaimana Anda mungkin telah merespon perawatan sebelumnya, dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Pilihan berkisar dari terapi non-bedah yang mengontrol pertumbuhan bakteri operasi untuk memulihkan jaringan pendukung. Penjelasan lengkap dari berbagai pilihan pengobatan diberikan dalam Pengobatan Penyakit Gum.

Bagaimana Penyakit Gum Dicegah?
Apa saja obat gusi bengkak?
Penyakit gusi dapat dibalik pada hampir semua kasus ketika kontrol plak yang tepat dipraktekkan. Kontrol plak yang tepat terdiri dari pembersihan profesional setidaknya dua kali setahun dan menyikat gigi dan flossing setiap hari. Menyikat menghilangkan plak dari permukaan gigi yang dapat dicapai; flossing menghilangkan partikel makanan dan plak dari antara gigi dan di bawah garis gusi. Larutan kumur antibakteri dapat mengurangi bakteri yang menyebabkan plak dan penyakit gusi, menurut American Dental Association.

Bagaimana Penyakit Gum Dicegah? terus ...
Kesehatan dan perubahan gaya hidup lain yang akan mengurangi resiko, tingkat keparahan, dan kecepatan pembangunan penyakit gusi antara lain:

Berhenti smoking.Tobacco digunakan merupakan faktor risiko yang signifikan untuk pengembangan periodontitis. Perokok tujuh kali lebih mungkin untuk mendapatkan penyakit gusi dibanding bukan perokok, dan merokok dapat menurunkan kemungkinan keberhasilan beberapa perawatan.
Mengurangi stres. Stres dapat membuat sulit untuk sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.
Mempertahankan diet seimbang. Nutrisi yang tepat membantu melawan infeksi sistem kekebalan tubuh Anda. Makan makanan dengan sifat antioksidan - misalnya, yang mengandung vitamin E (minyak sayur, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau) dan vitamin C (jeruk, brokoli, kentang) - dapat membantu memperbaiki tubuh Anda kerusakan jaringan.
Hindari mengepalkan dan grinding gigi Anda. Tindakan ini dapat menempatkan kekuatan berlebih pada jaringan pendukung gigi dan dapat meningkatkan tingkat di mana jaringan tersebut hancur.
Meskipun mengikuti praktik kebersihan mulut yang baik dan membuat pilihan gaya hidup sehat lainnya, American Academy of Periodontology mengatakan bahwa hingga 30% orang Amerika mungkin secara genetik rentan terhadap penyakit gusi. Dan orang-orang yang secara genetik cenderung mungkin sampai enam kali lebih mungkin untuk mengembangkan beberapa bentuk penyakit gusi. Jika ada anggota keluarga Anda memiliki penyakit gusi, hal ini dapat berarti bahwa Anda berisiko lebih besar, juga. Jika Anda lebih rentan terhadap penyakit gusi, dokter gigi atau periodontist dapat merekomendasikan lebih sering check-up, pembersihan, dan perawatan untuk mengelola kondisi tersebut.

Apakah Penyakit Gum Terkait dengan Masalah Kesehatan?
Menurut CDC, peneliti telah menemukan hubungan potensial antara penyakit gusi dan kondisi kesehatan serius lainnya. Pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat, bakteri dalam mulut yang membuat jalan ke dalam aliran darah biasanya tidak berbahaya. Namun dalam kondisi tertentu, mikroorganisme ini berkaitan dengan masalah kesehatan seperti stroke dan penyakit jantung. Diabetes tidak hanya merupakan faktor risiko untuk penyakit gusi, tapi penyakit gusi dapat membuat diabetes lebih buruk.

Referensi:
http://www.webmd.com/oral-health/guide/gingivitis-periodontal-disease?page=2
http://mistercufflink.com/obat-gusi-bengkak-dan-penyebabnya-obat-apotik-obat-dokter.html

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.